Sabtu, 06 November 2010

Bisnis Warnet (Tugas Pengantar Bisnis Informatika)

Bisnis Internet merupakan bisis yang semakin lama akan semakin berkembang begitu cepat. Tidak dipungkiri lagi dengan adanya internet, masyarakat yang sebelumya mendapatkan sedikit referensi tentang suatu masalah sekarang tanpa kewalan lagi bisa mendapatkan berbagai macam masukan melalui media internet tersebut. Selain itu dengan pertambahan pemakai/pengguna internet, sektor ekonomi dari bangsa kita juga mendapatkan pertambahan yang cukup signifan. Ini dibuktikan dengan semakin gencarnya pengusaha jasa internet berupaya untuk menjangkau semua kalangan, dan mendapatkan pundi-pundi uang dari lahan ini. Pngguna internet pada saat ini untuk kota-kota besar merupakan usaha internet yang sudah lumbrah ini dengan ditandainya internet di dalam rumah, namun bagi kota-kota yang baru berkembang pengaksesan internet masih merupakan suatu kebutuhan yang baru dan sekunder. Disisi peran warung internet atau disebut juga dengan Warnet semakin tumbuh dan berkembang pesat di daerah- daerah yang baru berkebang atau di desa-desa yang masih belum terjangkau dengan jaringan non kabel seperti jaringan.
Berikut adalah beberapa tips dari Penulis yang akan membantu pengelola jasa internet berupa Warnet:
1. Pilihlah daerah pinggir kota atau daerah yag baru berkembang
Pemilihan tempat berupa daerah yang berkembang merupakan suatu pilihan yang tepat Ini dikarenakan pada kota-kota besar internet bukan hanya dapat diakseas di warnet, tapi bisa masyarakat kota cenderung untuk mengakses internet di rumah. selain itu keingin tahuan daerah berkembang akan saesuatu yang baru lebih besar dari masyarakat kota yang sudah terbiasa dengan mengalami perubahan.

2. Dirikanlah warnet di tempat keramaian
Hal ini sangat diperlukan karena warnet berada pada tempat keramian lebih mendatangkan hasil tentunya daripada wilayah yang berpenduduk sedikit

3. Promosi dengan Paket yang menggiurkan
Unutk pemilihan paket, tawarkanlah paket yang menggiurkan pada si user/pengguna jasa internet kita, sehingga secara tidak langsung ini akan menjadi ajang promosi gratis. Pengguna internet kita secara sadar atau tidak sadar dia akan merekomendaskan internet kita kepada teman-temannya.

4. Maksimalisasi Waktu Luang
Ini merupakan bagian dari tips sebelumnya(tips nomor 3). Dalam beberapa kasus kadang pengguna internet pada jam-jam tertentu akan menurun drastis. Untuk itu diperlukan kejelian untuk membuat sebuah schedule berupa paket / diskon pada jam-jam tertentu tersebut. Sehingga merupakan pilihan yang pantas dituju bagi sipengguna

5. Gunakan Bandwitch yang memadai
Penggunaan bandwitch yang besar akan mempengaruhi juga usaha dari warnet kita. Semakin kencang warnet kita peluang untuk menaikkan nama warnet kita sebagai warnet "tercepat" akan semakin bergaung,dan hal ini otomatis menambah pengguna warnet yang kita kelola.

6. Dirikanlah Warnet ditempat yang strategis
Penulis menyarakan agar pendirian warnet ditempatkan di sekolah-sekolah atau pesimpangangan-persimpangan jalan sebagai lahan yang strategis untuk menciptakan semakin banyaknya peluang pemasukan. Kenapa penulis merekomendasikan 2 tempat diatas? ini dikarenakan kebutuhan akan tempat-tempat tersebut akan internet cukup besar dan berpengaruh

7. Ciptakanlah Suasana Yang Nyaman
Pilihlah interior yang memasuki Warnet kita mersasa nyaman dan betah untuk tinggal di tempat tersebut. Sebagai contoh buatlah dua buah ruangan dan beri penyekat. Dari kedua ruangan tersebut fungsikanlah mana ruangan yang difungsikan untuk ruang bebas asap rokok dan mana yang berfungsi sebagai ruangan untuk merokok.

8. Lakukan Maintenance berkala
Hal ini sangat diperlukan. Untuk maintenance lakukan secara berkala agar PC yang terdapat pada warneet terawat dan tidak menimbulkan masalah.

9. Pilihlah Karyawan yang ramah,sopan,jujur, dan terpercaya
Pemilihan karyawan(jika diperlukan) sangatlkah penting karena dia merupakan orang kepercayaan dari kita untuk mengurusi masalah pengoperasian kita. Pilihlah karekter pada tipe penulis sarankan pada judul diatas sebagai patokan umum.

Demikianlah tipsdari penulis. semoga sangat membantu banyak dalam pengelolaan dan pendirian warnet.


-HILMAN FIKRI-
copyright@HIlman Fikri 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar