Jumat, 26 Februari 2010

Review Game : Mario Bross

Siapa yang tidak kenal dengan Game Mario Bross, Game ini sangat popular ditIndonesia pada tahun 1990. Game ini merupakan game yang bisa kita mainkan pada consule seperti Nontendo dan Spica. Permainan Ini dikembangkan dan diterbitkan oleh Nintendo pada akhir 1985 . Permainan juga membawa pengaruh luar biasa pada industri game saat itu. Game ini merupakan game yang tersukses dalam sejarah,hal ini dibuktikan dengan masuknya Mario Bros kedalam Guenees Book Of Record sebagai game dengan penjualan tertinggi dalam sejarahnya.
Skenario dari Game Mario Bros adalah sebagai berikut:

Pada game ini pemain berperan sebagai Mario dan pemain kedua berperan sebagai kakak Mario yaitu Luigi. Tujuan utamanya dan menyelamatkan Princess Peach yang ditahan oleh Raja yang menyerupai buaya bernama Koppa. Mario memiliki kemampuan menghindar sekaligus mengalahkan musuhnya dengan cara melompat di atas musuh-musuhnya.
Musuh musuh Mario Bros pada game ini adalah jamur pengkhianat, yang dikenal sebagai Goombas, dan tentara kura-kura dikenal sebagai Koopa Troopas.Jika kita pada suatu waktu menemukan box atau kotak yang memiliki tanda tanya kita dapat menyundulnya. Saat kit a menyundulnya kita akan menemuan jamur ajaib(kadang kita juga mengartikannya sebgai baju ajaib). Mario juga dapat memperoleh 1-up melalui menemukan 1-up jamur dan dengan mengumpulkan 100 koin.
Mario memiliki beberapa kekuatan dan kelemahan.Mario bisa terluka jika ia menyentuh musuh. Jika dia mengambil pukulan dari musuh sebagai Super Mario atau Fiery Mario, ia hanya akan beralih ke reguler Mario biasa. Namun, jika ia mengambil hit seperti Mario biasa, jatuh ke lubang (tak peduli status), atau jika waktu habis jam, ia kehilangan kehidupan dan mulai lagi. Titik di mana Mario terus tergantung pada seberapa jauh ia berlari melalui tingkat sebelum mati: baik dari awal atau pada pos save yang tersembunyi. Tetapi pada pos ke -8 ,Tidak ada pos save . Mario dapat juga mengumpulkan bintang dan menjadi tak terkalahkan. Sementara Mario terkalahkan peduli pada sentuhan karakter musuh dan paling rintangan, ia akan tetap mati jika ia jatuh dalam lubang lava atau waktu habis.



Permainan terdiri dari 4 sub dunia dunia ,yaitu:
1. Sub-dunia di atas tanah (Dunia Atas)
2. Dalam sebuah penjara bawah tanah atau air (atau di Dunia Atas dengan tantangan yang unik)
3.
Serangkaian platform tergantung tinggi di langit
4. Benteng atau puri.

Semua dunia terjadi di siang hari kecuali dunia ke 3 dan ke 6. Pada akhir setiap tingkat benteng, Mario berhadapan dengan Raja Koopa, melintasi sebuah jembatan di atas kolam lava. Di akhir dunia (dunia 6-8), Raja Koopa melemparkan palu serta sesekali semburan api napas. Raja Koopa dapat dikalahkan dalam salah satu dari dua cara,yaitu: b
1.Dengan menyentuh kapak di ujung jembatan (sehingga menjatuhkan Raja Koopa ke dalam lava
2.seperti Fiery Mario, melemparkan bola api pada dia untuk mengalahkan dia secara langsung dan mengungkapkan apa musuh
menyamar.
Pada setiap akhir sub-dunia Mario disambut dengan kata-kata, "Thank you Mario! But our princess is in another castle!"atau dalam terjemahan Indonesia"Terima kasih Mario! Tapi putri kami dalam benteng yang lain!", Ucapan ini cukup populer di kalangan gamer

Setelah menyelesaikan permainan, pemain diberi pilihan untuk memulai permainan lagi di 'Hard' Mode, dimana semua Goombas digantikan oleh Buzzy Beetles (Koopa Troopa-yaitu musuh yang tidak dapat dibunuh oleh bola api), dan semua musuh berjalan cepat. Selain itu lift juga berjalan lebih cepat 60% dari yang mario pada mode biasa.

Pemain juga dapat sampai ke awal setiap dunia dengan menggunakan zona tersembunyi dalam beberapa tingkatan. Salah satunya adalah pada tingkat 1-2 dan ini dicapai dengan berjalan kaki di blok di bagian atas tingkat keluar melewati pipa. Zona ini memungkinkan melompat ke dunia 2, 3 dan 4. Dua lainnya di 4-2, satu adalah di tempat yang sama dengan yang di 1-2 tetapi ini hanya memungkinkan akses ke dunia 5. Yang lain dicapai melalui Beanstalk yang tumbuh dari blok tersembunyi dan mengambil pemain ke luas permukaan yang mengarah ke dunia 6, 7 dan 8.


Kelebihan Game Mario Bros adalah.
1.Game ini bukan merupakan game petualangan pertama,tapi game ini adalah game petualangan pertama yang memiliki banyak fans, otomatis kita dapat mengatakan game ini adalah game yang sangat menarik dimasanya
2. Perpindahan antara suaru sub-dunia ke dinia yang lain yang begitu halus.
3. game ini pada layar dan backgroundnya mempunyua gerakan yang khas yaitu double screen game pada era itu pada umumnya mempunya single screen, sehingga gameplay pada umumnya berpindah screen, dan jika ada game yang memiliki screen scrolling yang sama dengan metode super mario bros.
4.Game ini merupakan game dengan penjualan tearbanyak versi Guiness world of Record

Kekurangan dari game ini :
1.Game ini pada saat ini mungkin terlihat kurang begitu menarik karena peraliahan game semakin canggih pada saat sekarang.
2.Kadang membosankan karena kita musti mengulang dari suatu sub-dunia ketika mati
3.Kualitas suara yang masih berformat midi
4.Pada sub-dunia ke delapan game ini terlalu susah untuk dimainkan karena adanya lobang lava yang begitu besar.
5.Game masih berbasis 2D



Tidak ada komentar:

Posting Komentar