Senin, 22 Februari 2010

Tugas IMK : Memberikan Komentar Interaksi Manusia dan Komputer/Mesin Pada Film "World Builder"

Sebelum membaca penjelasannya silahkan tonton dulu film berikut.Tidak usah khawatir film ini cuma berdurasi kurang dari 10 menit kok, tetapi mempunyai makna yang sangat dalam,teruma keterkaitannya dalam pokok bahasan yang kita bahas yaitu Interaksi Antara Manusia dan Komputer


World Builder Short Move adalah sebuah film pendek karya Bruce Branit yang mempunyai hubungan keterkaitan manusia dan komputer yang sangat erat. Film ini adalah film yang sangat saya sukai karena menggunakan kekuatan visual yang sangat apik dan kuat sekali dalam ide ceritanya.
Pada awal film ini anda mungkin akan bingung apakah yang terjadi oleh seorang tokoh yang sedang memandangi foto-foto visual yang terlihat seperti melayang(bersifat hologram), yang mungkin pada zaman kita sekarang ini belum terealisasi secara nyata.
Kemudian kita bisa melihat dimana tokoh tersebut dengan pergelangan tangannya mampu mengeluarkan waktu digital yang benar-benar canggih yang menunjukkan betap majunya perkembangan teknologi pada zaman tersebut.
Pada plot berikutnya dia mulai bangun dan mempersatukan kedua jari kiri dan kananya secara berpasangan, pada saat itu munculah sebuah visual tools yang terdapat pada tangan. Visual tools ini kalau diibaratkan seperti pada masa sekarang ini berfungsi seperti keyboard,mouse,ataupun pen tablet, yang mengontrol kinerja dari sitem visual komputer yang dibuatnya.
Kemudian dia(sang tokoh) mulai membuat kotak kubus. Sepertinya kali ini sang tokoh mencoba berinteraksi dengan teknologi pada zamannya tersebut yaitu berupa piranti pengolahan citra berbasis 3D. Pada saat sekarang dapat kita umpamakan seperti Maya,3DMax,dan lain sebagainya, Bedanya dalam film tersebut berbentuk lebih nyata dan riil.Kotak kubus itu diperbanyak dan diperbanyak,diperbesar,dan disusun secara baik. Pada bagian ini kita mungkin masih merasa bingung apa yang dilakukan oleh sang tokoh. Namun kemudian setelah beberapa hal dilakukan oleh sang tokoh kita akan mengetahui dengan jelas bahwa dia berusaha membuat sebuah kota yang mempunyai arsitektur khas eropa klasik. Dia mulai melakukan pembuatan pintu,jendela, lampu,jalanan, dan lainnya. Kemudian dia juga mulai mengecat rumah,memberikan gradasi warna yang sesuai dengan objek yang dibuatnya. Bahkan dia bisa mampu mengatur intensistas cahaya matahari. Ketika dia melihat bunga yang dia buat,dia melihat sesuatu yang aneh, dan mencoba membuat bunga itu se riil mungkin. Mencoba dan terus mencoba,namun hasilnya masih saja agak terlihat kurang riil bagi kita. Melalui bagian/plot ini kita dapat menangkap makna bahwa mahkluk cipataan Tuhan memang susah untuk ditiru sesempurna ciptaanya.
Pada akhirnya, waktu yang dibatasi telah habis dan selesai.Terciptalah sebuah kota yang sunggu indah. Boleh dikatakan sagat indah.
Pada bagian berikutnya kita akan melihat sesosok perempuan yang keluar dari sebuah pintu. Perempuan itu sangat bahagia sekali dengan kota tersebut. Kemudian dia mencoba menyusuri jalan,dan berhenti di bunga yang tadi dibikin oleh laki-laki tersebut. Dia berusaha memetik dan memcium baunya. Disela -sela bagunan pria yang membuat kota/bangunan tadi mencoba mengintip apa yang di lakukan si wanita tersebut dan tersenyum. Dia juga memrhatikan sekelilingnya. Bagunan,jalanan dan lainnya. Kemudian dia terkejut dan terpaku pada satu bangunan bagian atas yang belum selesai dibangun olehnya. Perasaannya terlihat cemas jika gadis tersebut melihat hasil kerjanya yang kurang sempurna. Dari sini kita juga dapat memberikan gambaran bahwa walaupun kemajuan teknologi dan interaksi manusia dengan komputer telah terimplementasi dengan baik pada zaman ini tapi kesalahan masih saja terjadsi. Pada film ini dijelaskan berupa Fakto Human Error/Kesalahan User.
Baiklah kembali lagi pada film yuag kita bahas, dimana pada bagian berikutnya wanita yang tadi keluar dari sebuah pintu dari sebuah bagunan,mulai pergi dan menghilang. Dengan menghilangnya wanita tersebut kota yang dibuat oleh pria tersebut juga hilang dan terbingkai didalam sebuah photo digital. Pada bagian ini kita mungkin masih bingung apa makna dari film ini. Tetapi hal itu terjawab pada bagian akhir film ini.Pria yang tadinya menciptakan kota tersebut terlihat sebuah ruangan dimana pada pintunya bertulikan "Neuro Holographic Recovery Unit". Mungkin pengertiannuya adalah ruang pengingatan suatu masa secara hologram,dimana ruangan tersebut terlihat seperti rumah sakit. Didalam ruangan tersebut kita melihat wanita yang tadi memasuki kota tergeletak tak berdaya seperti koma. Lelaki tersebut memandanginya,dan terlihat raut muka sedih. Mungkin kit dapat menduga mereka adalah sepasang kekasih. Nah diakhir plot ini kita dapat mengerti bahwa apa yang dibuat oleh pria tersebut adalah sebuah hologram recovery, untuk mengingatkan wanita tersebut akan masa-masanya dahulu dengan cara memasukkan kedalam alam bawah sadarnya dengan memanfaatkan media vberupa mimpi. Sungguh sangat modern zaman pada film tersebut dimana interaksi antara manusia dan komputer ataupun mesin semakin erat hubungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar